THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 01 Juli 2008

LIKA-LIKU "Lika-Liku Luka"

Alkisah,

Gw ga berencana fokusin novel gw ke arah SI (Self-Injury), khususnya wrist-cut. Tapi ternyata begitu novel ini selesai dibuat, memang ada beberapa scene yg menceritakan tentang sayatan-sayatan Reyna. Dan ternyata juga, editor gw, Christian Simamora, malah nanya ke gw ”kenapa novel gw ga fokus di wrist-cut?” Nah, dari situ baru kepikir, well, okay, kalo gitu gw seriusin aja ke wrist-cut nya.

Inspirasi yang sangat membantu yg gw dapat dari Christian adalah komik LIVE karya Keiko Suenobu.

Nah, kalo datangnya insipirasi tentang wrist-cut itu, dari film yang pernah gw tonton sewaktu gw SMA…mungkin sekitar 5 ato 6 taun yang lalu, yang masih ngebekas di otak gw. Pernah nonton film ‘Thirteen’ yang dimainin ma Evan Rachel Wood? Di situ Evan yang berperan sebagai Tracy, memainkan dua adegan di mana dia membuat goresan di pergelangan tangannya dengan menggunakan gunting kecil. Tapi film itu sendiri bahkan ga 20% menceritakan tentang wrist-cut. Nah, dari sinilah timbuh keinginan gw untuk masuk-masukin tentang wrist-cut ini ke novel gw.

Gw juga berusaha mencari hingga ke pelosok-pelosok website tentang SI dan wrist-cut. Dari situ gw dapat banyak sekali info-info menarik. Salah satunya adalah biasanya penyuka SI sudah terbiasa dengan piercing. Di sini juga berarti bahwa piercing tersebut merupakan salah satu bentuk dari SI. Tapi bukan berarti tiap orang yang punya piercing berarti dia juga menyayat-nyayat tubuhnya sendiri, loh. Dan jelas, SI sudah pasti punya beberapa hal sebagai pemicu, di mana dapat menyebabkan orang tersebut mencapai sebuah titik yang dia sendiri tidak bisa mengatasinya. Dari sinilah akhirnya tercetus bahwa ”dealing with emotional pain is much harder than dealing with physically pain”.

So, gw harus merevisi novel gw sebanyak 3 kali. Revisi pertama gw, itu gara-gara penggunaan kalimat di novel gw yang terlalu banyak menggunakan kata yang ga baku. Revisi kedua, itu pas ketemu Christian di kampus gw. Dibilang ‘kurang emosi’. Hey! Yang kurang emosinya tuh Reyna, bukan gw! Bukan novel gw! Terakhir, revisi ketiga, itu baru-baru bulan mei akhir ato juni awal ini, sewaktu gw lagi mudik. Intinya mah tinggal re-touching lagi sih, Inti pokoknya gw ga ngubah sama sekali. Beda ma waktu revisi ke dua, di mana gw tambahin konflik tentang pertengkaran ortu, juga tentang si Naldo.

And then, novel gw kelar. Thanks banget untuk Christian Simamora yg dah buanyaaak banget ngebantuin gw. Juga mba Tri yang—katanya—juga ngeditin novel gw. Gw belum ketemu ma mba Tri, jadi dia malah terkesan ’bekerja di balik punggung gw’. Hahaha^^! Thanks anyway! Juga untuk mba Resita yang awaaaal banget ngabarin kalo novel gw ketrima di gagas. Last but not least, Jeffri yg menyulap sampul depan novel gw jadi suuuuper cool........^^!

Tapi ini mah beneran lowh, waktu gw dikasih contoh sampul depan novel gw, gw sempet melongo ga percaya sekeren itu...”HUHAHIHAHA*” (dibaca : ”luar biasa”—red). Kalo itu bukan novel gw, dah pasti gw tergoda untuk ngebeli da! Haha^^! Keren biz-a-biz-abiz!!

Yuhuy.........\(^o^)/

Novel pertama gw...tungguin yang berikutnya, ya!

2 komentar:

Lilip Rifai mengatakan...

Dear Celine,

Aku udah baca novel kamu yg judulnya Lika-Liku Luka. Asli, keren banget tu novel! Kesannya kaya kita sendiri yg ngalamin kejadian yg d alami si Reyna! Jujur aja, novel kamu yg aku baca cuma baru itu doang. Dan kayaknya, aku bakal jadi penggemar berat tulisan2 kamu deh! :)

Bisa minta infonya ga, novel apa lg yg kamu buat slain Lika-Liku Luka? aku mau cari d toko buku soalnya :)

Oia, mungkin bisa d balas langsung ke emailku aja ya.
Atau mungkin YM di lilip_rifai@rocketmail.com

Salam,
-ip-

celinereyssa mengatakan...

@Lilip heyy,, thx a lot ya komen nya! (: karena banyaknya godaan dan kendala,, novelku yang udah terbit emang baru Lika-Liku Luka doang.. doaian ya moga2 pertengahan bulan ini novelku yang kedua segera terbit. once again, thx a lot Lilip (;

klo mo ngobrol bole koq di celinereyssa@hotmail.com